Your Sleepless Nights

Setelah memasuki perkuliahan mungkin mulai banyak orang yang siklus tidurnya salah karena nugas atau kegiatan kampus yang sampe tengah malem atau sampe nginep-nginep.

Suatu hari ada acara kampus pemeriksaan darah dst di farmasi dan kami ikutan. Si teteh farmasi (entah perawat) menasehati kita yang tensinya pada rendah: pokoknya seminimal-minimalnya, tidur dari jam 10 sampe jam 2. Oke, noted, dan aku bener-bener melaksanakannya sejak itu.

Tapi semakin dewasa permasalahan tidur ini ga segampang bisa merem lalu hilang dan mimpi. Kita pasti sering banget mengalami ga bisa tidur. Mungkin karena ada kejadian apa, atau juga karena ga ada apa-apa.

Waktu di Al-Lathif dulu, asli masih inget, dijelasin tentang perang badar. Ketika itu, ada ayat yang turun dan mengatakan bahwa Allah menentramkan hati orang beriman dengan menidurkan mereka ketika malam. Bayangin, lagi kondisi perang, kehilangan keluarga dn harta, mana bisa tidur??? Tapi disebut bahwa tidur itu adalah bagaimana Allah menentramkan hati hambaNya. Dan bener-bener harus disyukuri.

Akhir november lalu tanggal 20an, aku mengalami ga tidur dan ga ngantuk sama sekali selama 4 hari berturut-turut. Hidup udah telmi banget, kantung mata makin item, dan lemes tapi ga ngantuk. Sampai aku nyari rekor manusia bertahan hidup bisa sampe kapan tanpa tidur dan agak kepikiran untuk ke dokter. Apalagi waktu itu mendekati deadline banyak laporan dan juga hari latsar yang mana masa boleh tumbang dihari tersebut??

Aku terus berdoa supaya jangan sampai mati sambil bodoh dan jangan sampai aku sibuk dengan masalah diri sendiri terus. Aku ga mengalami hal yang ekstrim sampai ga bisa tidur, semuanya berjalan biasa aja, tapi memang kadang kitapun ga paham sama diri sendiri. Sehingga aku juga terus menerus minta agar Allah menentramkan hati dan menidurkan sebagaimana yang dulu pernah diceritain di Al Latif itu. Gak tau lagi harus berbuat apa dan solusinya apa.

Sebenarnya sebagai tipe darah A (meski ga valid) ga bisa tidur itu membuat stress karena mikirin besok ga bisa beraktivitas maksimal. Dan kesetresan itu justru makin bikin ga bisa tidur lagi. Terus menerus looping seperti itu. 

Tips:

  1. Makan banyak sbelum tidur. Tida usah pedulikan berat badan
  2. Minum cokelat/teh
  3. Kamar yang nyaman 
  4. Dengerin sesuatu
  5. Jangan liat jam sama sekali 
  6. Jangan mikir “harus tidur”
  7. Matiin lampu 
  8. Nonton film sedih sampe nangis-nangis biar ngantuk
  9. Atur nafas supaya detak jantung lambat (ada cara 7-4-8: 7 detik tarik nafas lewat idung, tahan 4 detik, keluarin 8 detik lewat mulut). Cara ini mayan lah…
  10. Kalo lagi dirumah, tidur sama adik/ibu. 
  11. Kamar suhu rendah

Itulah tips yang juga aku pernah laksanakan dan perlahan jadi normal kembali, meski ga sesederhana itu juga sih….

Sekian dan terima kasih, jangan lupa untuk mensyukuri hal sekecil apapun dalam hidup ini, seperti rasa kantuk.

23.08 habis nonton the mountain between us.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan