To the fullest

Didapat dari kajian oleh Ust Adi Hidayat dua minggu lalu di Nurul Ashri, Deresan, YK. Materi ini pernah juga di TSM bandung dua-tiga tahun lalu. Tapi menurutku kalo hal-hal seperti ini bukan masalah “udah tau” atau “belom tau”. Ini bukan masalah ilmu, tapi iman, yang mana harus terus diingetin. Ngga kaya kuliah yang misalnya sekali denger udah langsung ngerti. Permasalahan dan perbincangan tentang islam bukan sekedar ‘ilmu’nya aja, tapi ‘kapan’ ngena di hati kita.

Mungkin dari sekian al-fatihah yang kita baca sendiri, baru al fatihah yang ke 199 baru kita bisa nangis. Mungkin udah denger ceramah yang sama 5 kali, tapi baru dikali ke-5 kita bisa tersentuh. Betul gak?

Materinya mengenai hidup mulia dengan Al-Quran, ditulis dengan bahasa dan redaksiku sendiri. Tidak semua, hanya yang sekarang ada diingatanku saja.

Mukjizat terbesar diantara semua nabi dan rasul adalah; Al-Quran. Semua apapun yang berhubungan dengannya, menjadi istimewa. Nabi yang dikaruniai mukjizat Quran; nabi Muhammad, beliau  menjadi pemimpin dari semua nabi dan rasul kelak. Malaikat yang membawanya; malaikat Jibril, jadi malaikat yang istimewa. Kota diturunkannya Quran adalah Makkah; terkenal akan kota yang sangat bodoh dan terbelakang (jahiliyah), tapi setelah turunnya Qur’an, jadi kota yang istimewa bahkan hingga hari ini.

Kabar baiknya, siapapun orang yang dekat dengan Qur’an, maka otomatis akan istimewa juga.

Well, hidup kadang ‘sesimpel’ itu. Kalo hidupmu kerasa messed up banget, coba mulai dekat dengan Qur’an biar ‘mukjizat’nya nular.

Miris banget kadang kita bisa liat banyak pendapat orang (muslim) yang menyangsikan Quran. Dibilang dari abad ke-7 sehingga gak relevan. Padahal, Quran diciptakan sangat universal dan akan berlaku hingga hari kiamat. Segala perkara sepanjang waktu tertulis di Quran. Mulai dari tentang kehamilan, lengkap dijelaskan proses perkembangan janin diperut. Lalu setelah lahir, ada aturan disapih sampe 2 tahun. Ketika si anak beranjak besar, ada petunjuk tentang menuntut ilmu. Ada tentang bekerja, ada tentang menikah, perceraian, hingga warisan.

Quran adalah ‘potensi pahala’ yang luar biasa besar dan mudah. Satu huruf aja kebaikannya ada 10. Baca doang. Belum kalau kita berusaha memahami dan menghafalkan. Kalau kata beliau, kalo kita ngerasa dosa, langsung segera tutupi dengan baca Quran supaya si timbangan kebaikan langsung bertambah cepat (contoh).

Quran adalah petunjuk hidup manusia. Sesuatu kalau bekerja sesuai dengan petunjuknya akan berfungsi dengan maksimal, begitupun manusia. Maka sepatutnya Quran bukan cuma sekedar dibaca arabnya doang barijeng kita ga ngerti bahasa arab, tapi pahami dengan bahasa kita dan bayangkan bagaimana hubungannya dengan keseharian kita, lalu amalkan. Karunia terbesar yang Allah beri pada seseorang adalah: Al-Quran di hatinya. Ketika Quran sudah diamalkan dan menjadi jati diri seseorang.

Ketika kita pengen ngobrol sama Allah, maka caranya adalah dengan berdoa. Tapi kalau kita mau denger apa yang Allah bilang, maka bukalah Al-Quran.

Dari sekian banyak distraksi didunia ini; hp, film, musik, kesibukan sehari-hari, cobalah jadikan Quran prioritas utama kita yang bukan dibuka pas senggang, tapi sedari awal  harus selalu meluangkan waktu. Cara mendekati Quran ada 3: membaca, memahami, dan menghafal. Menurutku sih, jangan baca doang, atleast baca juga terjemahannya biar kita tau Allah maunya kita kaya apa sih, hidup kaya gimana sih yang disukai Allah, gimana sih cara biar hidup kita dirahmati dan dibantuin sama Allah.

Cobalah juga untuk mulai menghafal. Bukan langsung semua, tapi coba dengan hal yang relate dengan kehidupan kita. Contohnya lagi belajar, coba hapalin tentang menuntut ilmu. Misalnya lagi menantikan anak, coba hapalin ayat tentang nabi zakaria yang berdoa dan dikabulkan Allah. Ayat-ayat pilihan aja, tapi ngena ke kehidupan kita. Nggak yang ngasal hafal cuma untuk pencapaian dan kebanggaan semata.

Kalau ngerasa hidup kita salah dan jauh, ga ngerti harus ngapain, coba deketin Al-Quran. Allah bakal bantu dan ngasih petunjuk supaya hidup kita ‘bener’ dan diiringi berbagai keajaiban-keajaiban dari-Nya.

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas