Ramadhan menjadi ajang bagi kita untuk bersilaturahmi dengan teman-teman dari berbagai masa. Teman TK, SD, SMP, SMA, tetangga, kuliah, kerja, bahkan teman les jaman dulu, semuanya dapat kita temui di bulan ini dengan reuni yang berbungkus: buka puasa bersama. Nah, khususnya yang tinggal di daerah Bandung, kalau kamu bingung mau berbuka dimana, berikut adalah list tempat-tempat yang recomended untuk berbuka puasa. Ini diurutkan berdasarkan kisaran harga ya, mulai dari yang tinggi ke rendah.

  1. Sierra Cafe & Lounge

Kalau kamu ingin menikmati keindahan malam dan gemerlap kota Bandung dari atas, maka Sierra adalah tempat yang tepat. Rasa makanannya tidak ngasal dan enak-enak. Lokasinya berada di Dago atas, jadi, siap-siap kena macet (eh sekarang dimana-mana udah macet sih ya)

Related image
sumber: hardrockfm.com
  1. Kapulaga dan Beehive

Terletak di belakang kampus ITB, tempat makan ini bersebelahan dan cocok untuk keluarga ataupun teman-teman. Ada halaman di belakangnya yang terdiri dari rerumputan, kolam ikan, dan mainan anak, yaitu serodotan dan rumah-rumahan. Menu makanannya pun beraneka ragam cocok untuk lidah Indonesia. Dari segi harga, harganya standar tempat makan biasa, tidak terlampau mahal. Kalau aku, di Kapulaga ini suka dengan tahu cabe garamnya.

Image result for kapulaga dan beehive
sumber: akuchichie.com
Image result for kapulaga dan beehive
sumber: eatinguntildiee.blogspot.com
  1. Selasih, Cikutra

Nah ini cocok juga buat pelajar dan mahasiswa karena harganya sangat bersahabat. Lokasinya cukup luas, ada indoor dan outdoor, juga pilihan menunya sangat banyak. Mulai dari menu western, hingga menu sunda. Lokasinya ada di pojok jalan sebrang GOR Cikutra. Pasti tiap taun adaaa aja yang ngajak bukber kesini.

Restoran Selasih, Cikutra Menu
menu lengkap ada di zomato.com
  1. Eatboss, Dago, Jalan Aceh, atau Buahbatu

Menurutku enaknya Eatboss adalah harga dan variasi makanannya. Sebenarnya dari segi rasa biasa aja dan aku belum menemukan yang bener-bener enak banget sampai repeat order. Tapi selain harga sangat mahasiswa-i dan makanannya yang sangat macem-macem, tempat Eatboss cukup aestetik, instagramable, dan nyaman. Ada colokan juga, jika kamu mau bukber sambil nugas (eh emang bisa ya?)

Image result for eatboss dago
sumber: eatboss.co.id
  1. Mesjid Salman ITB

Ini untuk yang bener-bener ngirit dan cocok untuk mahasiswa serta anak kosan. Bertandanglah ke mesjid-mesjid untuk mendapat ifthar gratis. Lalu kumpul kek di bawah rumput bawa tiker sendiri, lalu buka bersama teman-teman. Hehe. Atau ke Selasar masjid, kumpul, dan buka bersama. Ini sering aku lakukan dulu ketika hektik ikutan keorganisasian kampus yang pulangnya harus malem. Terimakasih takjil Salman.

Image result for berbuka di salman itb
mahasiswa bgt nyari mesjid buat buka

6. Rumah

Well, yang terbaik adalah berbuka dirumah. Berkumpul bersama keluarga, dan sebelumnya pasti ada adegan masak bareng, beberapa utusan ada yang belanja dulu, dan yang terpenting jadi ajang untuk quality time bersama keluarga.

Sebetulnya masih sangat  banyak tempat-tempat di Bandung yang cocok untuk berbuka puasa bersama. Tapi 5 point tadi kurasa cukup mewakili dari range harga dan lokasinya. Sekian dan semoga bermanfaat!