Pengalaman Menulis Paper Bagi Newbie

Ini blog lama-lama kaya tugas bahasa indonesia, tiap judul ada kata “pengalaman” nya

Sesuai judul, mau share pengalaman pertama kali bikin full paper dalam waktu super mepet–tiga hari πŸ™

Akibat ternyata harus keluar kota berturut-turut dua kali dalam waktu lama, aku sama sekali ga bisa ngerjain paper meski aku udah tau deadlinenya seminggu lagi. Dengan catatan semua penelitian udah beres loh yaa

Yang aku lakukan kurang lebih seperti ini:

  1. Print semua referensi. Klo lagi mepet, jangan baca semua. Stabilo satu atau dua kunci di abstrak atau di kolom result yang sekiranya bakal dimasukin ke paper kita. Thank god akhirnya aku memahami kenapa dulu aku dikasih pembimbing yang zuper strik…… dia ngajarin aku gini-ginian sampe harus bulak balik rektorat 33kali (udah kaya zikir). Walhasil sekarang ngga blank banget dalam mensitasi atau bikin introduction di paper. Si tulisan yang di stabilo, tulis lagi pake bahasa sendiri. Ulik aja SPOK nya atau ganti kata-katanya (paraphrase)
  2. Ga usah belajar bahasa inggris perfect segrammar-grammar. Liat aja contoh-contoh paper dan cara mereka berbahasa. Paraphrase. Thesaurus penting juga. Tapi nggak sih (lah gimana). Ini juga sebuah pencerahan ternyata dulu les ielts dan belajar abis abisan ada gunanya juga meski kedaluarsa, yaitu jadi terbiasa paraphrase tulisan formal. Bener kata olaf di frozen, when we get older, things will make sense……
  3. Contoh perkataan yang bakal sering kita tulis: “Figure X shows….” ganti ganti dengan “Figure X present…….” atau “Picture below explain about…..” yaaa gitu lah ya, sama aja artinya kita cuma ganti vocab doang. Seperti ituh.
  4. Pastikan semua gambar jelas. Kalau grafik, x, y, z nya jelas, ada satuan, ada judul, jelasin x dan y itu apa. Kalau ada warna, munculin skala. Kalau ada peta, jangan lupa longitude latitude. Secermat mungkin. Ini sepele tapi mayan bikin lama.
  5. Ini most important: Perhatiin format paper yang diminta. Jangan ngaco. Mulai dari inden nya berapa, Judulnya fontnya berapa, space before dan after paragraf. Dan terpenting lagi: cara mensitasi dan nulis reference!
  6. ……………………apalagi yah, mungkin itu dulu aja, nanti diedit kalo inget.
Please follow and like us:
error0

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas