Nabung emas; halal atau riba?

Judulnya to the point saja, jadi dewasa ini bagi kita nabung emas jadi gampang banget. Ada tabungan di pegadaian, ada juga dari antam sendiri yang namanya brangkas.

Enaknya, kita ga mesti langsung beli per batang, tapi kita bisa nabung yang mana sama mereka langsung di konversi ke emas.

Ibarat kamu nabung 700.000, nah di saldonya langsung tulisannya 1 gram (atau sesuai harga emas saat itu), bukan 700ribu. Enaknya lagi, kita bisa mantau harga tiap hari, jadi bisa disesuain mau nabung kapan dan narik kapan. Tapi namanya nabung ya jangan di tarik.

Selanjutnya, enaknya kita ga megang emas langsung, jadi ga takut ilang. Dan akhirnya misal butuh, kita bisa buy back atau minta dicetakin emas. Nabungnyapun dikit dikit juga boleh.

Tapiiiiii ada tapinya nih

Setelah setaun nabung di pegadaian, aku tetiba kepikiran, ini sebenernya halal atau riba ya? Sebuah pertanyaan yang telat banget.

Jawabannya adalah: r i b a

Ternyataa yaa

Kalau kita mau transaksi emas perak, syaratnya adalah harus langsung, ada uang ada barang. Dan sebagai customer kita harus langsung megang fisiknya disaat ketika kita bayar. Tanpa perantara dan tanpa tenggat waktu.

Beli emas online gimana?

Gak boleh juga. Karena gak transaksi langsung tangan ke tangan.

Referensinya dari mana? Cari sj ceramah ceramah di Google dan artikel artikelnya, banyak. Dari sekian banyak sudut pandang, hampir semua bilang riba *aku males drop link hehe

Tadinya aku berniat buka brangkas, tapi takut juga jadinya. Meskipun ga ada yang rugi, tapi tetep ini namanya riba karena ga sesuai syarat.

Kalo udah telanjur gimana?

Karena dulu aku beneran gak tau, jadi skrg aku genapin si tabungannya lalu ke pegadaian untuk cetak langsung.

Next time, meskipun nabung emas berkala cukup menggiurkan (dan menguntungkan banget) tetep ngga boleh…..

Kalo di bank kan riba juga? Ya iya si tapi gimana lagi ya emang sistem pereknomian belom syariah terus kita bisa apa. Sementara untuk hal ini, aku rasa masih banyak opsi nabung yang lebih aman. Kalo tetep mau emas, langsung beli sesuai harga gram yang dipengenin ga pake nabung dikit dikit.

Seremnya adalah kalo kita riba, harta ga akan berkah, diakhirat neraka melambai, dan lain sebagainya

Sekian renungan minggu ini, semoga memberi insight

Please follow and like us:
error0

Tinggalkan Balasan

Satu pemikiran di “Nabung emas; halal atau riba?”

Lewat ke baris perkakas