Mengapa Menulis Blog? #nulisyukbatch27

Menulis blog sudah menjadi kebiasaanku sejak di bangku SMP. Aku sempat berganti beberapa platform, mulai dari blogspot, multiply, tumblr, hingga akhirnya bertahan 5 tahun terakhir di wordpress ini.

Alasan Pertama

Alasan awalku sederhana, aku merasa perlu untuk menumpahkan apa yang aku pikirkan dan rasakan dengan sistematis. Hal ini bisa dilakukan ketika mengobrol dengan teman, tapi dengan menulis aku merasa bisa lebih puas dan melepaskan semuanya. Seringkali setelah selesai menulis, aku membaca ulang dan akhirnya menyadari sendiri: ooh jadi aku begini…karena begitu…. Akhirnnya jadi lebih memahami diri kita sendiri.

Alasan-alasan lain yang baru muncul

Seiring berjalannya waktu, aku menjadikan platform blog ini untuk menulis ide-ide yang aku dapat dari mendengarkan atau membaca atau bahkan menonton film. Misalnya, setiap pulang kajian, aku selalu menulis ulang dengan bahasaku sendiri. Begitupun ketika setelah aku membaca buku ataupun menonton film yang menuruku patut untuk ditulis dan dikenang.

Hal yang paling utama mendorongku tetap menulis adalah ketika suatu hari pernah teman lamaku menghubungiku. Di hari itu juga, statistik blog ku meningkat pesat. Ternyata ia membaca hingga laman awal, dan ia mengucapkan terimakasih atas isi blog itu.

Padahal aku merasa tidak perlu diucapkan terima kasih. Karena aku menulis karena hanya ingin menulis. Sejak hari itu ia kerapkali mempertanyakanku ketika aku berhenti memposting. Ia juga seringkali berkata bahwa beberapa tulisanku membuatnya menangis. Akhirnya aku sadar, bahwa iseng atau tidak iseng, tulisan-tulisan ini sudah kuselancarkan didunia maya. Bisa jadi manfaat, bisa juga tidak.

Tapi kejujuran temanku kala itu membuatku bertekad ingin mempunyai tulisan yang bermanfaat bagi orang-orang. Bukan untuk apa-apa, tapi siapa tau manfaat manfaat inilah yang akan mengalir menjadi amal jariyah dan dapat menolongku kelak dihari pembalasan.

Semakin lama, aku semakin tidak bisa lepas dari kebiasaan menulis blog. Namun aku masih belum bisa untuk menjadi seperti blogger pada umumnya yang memiliki komunitas dan memiliki niche yang fokus. Aku menulis seusai mood dan sesuai keinginan. Kurasa sayang sekali ketika aku sudah cukup lama di dunia blog tapi blog ku begini-begini saja dan kurang optimalisasi.

Selain itu, kupikir dengan menjadikan hobi ini sebagai pemasukan (via google adsense) itu akan menjadi hal yang semakin menyenangkan. Akhirnya, semua kegelisahan ini terjawab ketika melihat ada Kelas Blog yang diadakan oleh @nulisyuk. Tanpa pikir panjang aku segera mendaftar, dan berharap setelah ini bisa benar-benar mengoptimalisasi blog ini. Bismillah!

Please follow and like us:
error0

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas