Bismillah mau nulis serius dikit

Sebagai negara yang dikelilingi laut, Indonesia ini hanya punya jurusan Oseanografi yang sangat sedikit. Oseanografi sendiri concernya terbagi jadi: fisika, kimia, biologi, dan geologi. Semuanya saling menyinggung, tapi aku mau jelasin Oseanografi Fisika yang jurusan tersebut ada di ITB. Meski ga nutup kemungkinan universitas lainpun ada juga yang fisika, tapi concern kami emang pure disitu.

Berikut adalah fakta-fakta yang akan kamu temui, sejauh yang aku rasakan sebagai mahasiswa dulu, agar supaya nanti ga ngerasa salah jurusan.

  1. Fisika banget. Matkul dasarnya antara lain fisika matematika I, II, termodinamika, mekanika, mekanika fluida, dll. Selain matkul lain yang kita dapet di tpb macem kalkulus dll.
  2. Penerapan fisika di oseanografi. Matkulnya: hidrodinamika, gimana si pergerakan air itu ada perhitungannya, pasang surut (dan perhitungan bulan matahari dllnya), gelombang (masya allah sangat kepake didunia nyata), arus (juga mayan kepake),
  3. Selanjutnya ini paling horor. Yaitu oseanografi dibidang pemodelan. Mata kuliahnya: komputasi numerik, metode numerik, dan pemodelan. serta beberapa matkul pilihan. Pemodelan ini adalah kekuatan ose itb. ceunah. Padahal bagi mahasiswa seperti aku ini tuh susah banget, dan super abstrak. Namun didunia kerja sangat kepake dan mahal :”)
  4. Kita juga belajar analisis data. Subhanallah ini horror kedua setelah pemodelan. Ada analisis data oseanografi. Ada juga Ansidewa/Ansio (sumpah lupa panjangannya) tapi ini dipake juga di geofisika.
  5. Ada kebahagiannya juga meski tetep aja panik. Yaitu segala matkul ose yang kelapangan. Insya Allah minimal sesemester sekali kamu akan ke lapangan. Diharap jangan mabok karena ripuh dan nyusahin temen kelompok huhuhu. Disini kita belajar make alat. Satu prinsip prodi ose kalo ke lapangan adalah: Nyawa nomer 2. Alat nomer 1. :”) lol. Udah itu, ada juga matkul Survey Hidroseanografi yang menggabungkan semua skill lapangan kamu dalam 3 taun. Selama 3 minggu. Gatau deh kalo berubah.  Ini seru dan superrrrrrrcapek. Terakhir, ada selam. Yang kalo kamu mau sertif, ada potongan harga dan berbagai kebahagiaan lainnya.
  6. Kebencanaan. Matkulnya: mitigasi bencana, tsunami, gelombang panjang (belajar storm surge). Yah, seru lah.
  7. Etcetera: seperti: energi laut, dan berbagai matkul pilihan di prodi lain.

Overall itu yang aku simpulkan dari prodinya. Selain belajar, carilah juga tempat bermain seperti himpunan. Karena himpunan sangat ngebantu banget dalam hal belajar. Misal disediain contoh soal, dan teman-teman yang saling bantu dan ngajarin tentunya.

Next akan nulis tentang peluang kerjanya mungkin khususnya di pemerintahan.