Hai kawula muda (((wkwkw naon))) aku mau membagikan tips buat kalian yang horeaman seperti aku. Agar meskipun kita males tapi tetep ada gunanya sedikit mah. Banyak hal-hal sepele yang dikerjain ringan dan ga banyak effort tapi insya Allah bermanfaat. Salah satunya adalah: puter Quran saat mau tidur.

Kita ga perlu ngapa-ngapain, cuma siapin playlist aja. Lalu tinggal tidur. Pada awalnya aku melakukan ini karena susah tidur. Kalau aja kepala ini adalah TV pengen banget aku pencet off biar bisa diem, apalagi di jam-jam tidur, rasanya semua pikiran ga bisa ke kontrol dan bikin mata melek terus sampe azan subuh. Berbagai cara sudah aku lakukan, mulai dari terapi napas, sampe pasrah yaudah gausah tidur. Relate lah ya, kurasa kebanyakan kalian pun merasakan hal yang sama.

Akhirnya aku mencoba masukkan juz 29 kedalam playlist sebelum tidur, yakni: QS Al-Mulk, Al-Haqqoh, Al-Qolam, dan satu lagi Ar-Rahman. Kenapa Al Mulk? Karena barangsiapa menghafal Al Mulk insya Allah dilindungi dari siksa kubur.

satu

“Ada suatu surat dari Al Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: “Tabaarakalladzii biyadihil mulku… (surat Al Mulk)” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad).

dua

Dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Sebagian sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, membuat kemah di atas pemakaman, ternyata ia tidak mengira jika berada di pemakaman, tiba-tiba ada seseorang membaca surat Tabaarokalladzi bi yadihil mulk (Maha Suci Allah yang di tangan-Nya lah segala kerajaan), sampai selesai.”

Kemudian dia datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Wahai Rasulullah sesungguhnya, aku membuat kemahku di atas kuburan dan saya tidak mengira jika tempat tersebut adalah kuburan, kemudian ada seseorang membaca surat Tabarok (surat) Al Mulk sampai selesai.”

Rasulullah bersabda, “Dia adalah penghalang, dia adalah penyelamat yang menyelamatkannya dari siksa kubur.” (HR. Tirmidzi)

tiga

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah subhanahu wa ta’ala akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur).  Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dan Al Hakim)

Dengan denger Quran sebelum tidur, aku bisa memfokuskan pikiran ke ayat-ayat tersebut. Kalau bisa kita udah ngeuh dulu artinya apa biar bisa sekalian dihayati. Dengan begitu si semua pikiran pikiran lainnya bisa hilang dan jadi lebih tenang. Kalaupun kita ketiduran dan ayat masih nyala, itu gak masalah. Malah apa yang kita dengar saat tidur itu akan masuk ke alam bawah sadar kita. Apalagi kalau terus-terusan kebawa setiapp hari. Untuk yang lagi ngafal, semoga dengan begini jadi familiar dan bisa membantu hafalan.

Selain itu, saat tidur, semua badan kita istirahat, kecuali otak.. Sehingga ia masih dapat merespon lantunan Quran tersebut. Kalau kepo boleh googling, atau tadi sih aku dapet ini : https://techno.okezone.com/read/2017/06/06/56/1709255/ternyata-manfaat-lantunan-alquran-bagi-tubuh-dijelaskan-dalam-sains

Begitu guys lazytips hari ini, ga usah banyak effort, cuma dengerin Quran aja, insya Allah banyak manfaatnya buat kita dan semoga bisa sekalian hafalan, bisa sekalian berpahala juga.

Wassalamualaikum dari shofia di pogung