Do Over Your Life; Hidup Sehat dengan Praktis

Ini adalah sebuah cerita ulang dari buku yang aku baca berjudul “This is your Do-Over” yang berisi tentang langkah-langkah untuk ‘memulai hidup kembali’ dan hidup lebih sehat dengan cara praktis. Judulnya sih dibilang untuk lose weight, namun karena aku udah kurus kerontang jadi tujuan aku baca sebenernya biar tau hidup sehat itu kaya gimana sih. Seneng, karena bahasanya ringan dan langsung to the point ke solusi plus ada cerita dari point of view si penulisnya yang merupakan dokter. Isinya juga ga ngarang karena full of pengetahuan dari sisi medisnya. Kalau nulis semua ga akan cukup, jadi ini hanya poin-poinnya aja. Disini malah disebut bahwa buku ini termasuk ‘influential book’. Aku setuju sih!

Langsung aja, inilah simpulan dari hidup sehat yang praktis dari buku tersebut, ada tujuh langkah utama yang perlu diambil untuk do over your life:

1. Have a buddy/punya ‘teman’ sehat

Dalam artian bukan sekedar teman atau sahabat atau partner, tapi dia adalah orang yang sama-sama ingin jaga kesehatan dan memiliki program yang sama dengan kamu. Kalian sama-sama ingin hidup sehat, memiliki target-target yang sama, dan saling mengingatkan dalam proses ini. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa dengan adanya buddy, kita bisa lebih happy dan sehat. Lebih baik lagi kalo buddy nya sekalian pasangan yang nantinya bisa menular menjadi keluarga sehat. Buddy yang kamu butuhkan adalah:

  • Bisa mendengarkan. Dia memahami kondisi dan target kesehatan yang kamu inginkan, begitupun sebaliknya.
  • Mereka mendorong perubahan
  • Memiliki pengetahuan tentang nutrisi dan kesehatan. Atau sama-sama sedang belajar dan at least tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai goals.
  • Membantu identifikasi ‘imbalance in your life’. Bisa ngeliat apa yang salah dari pola hidup kita. dan sebaliknya, kita juga aware sama kesehatan dia.

Poin ini sangat krusial, malah dibukunya dibilang, kalau ga punya siapa-siapa dan mau ngehire seorang ‘buddy’ dengan cara bayar ke trainer/ahli nutrisi/apalah itu boleh banget.

2. Jalan 10k/hari

Katanya ini adalah cara paling natural untuk hidup sehat dan melawan berbagai penyakit. Dengan berjalan, kita juga jadi punya aktivitas untuk meminimalisir aktivitas kita yang negatif semisal: merokok. Harus 10ribu, dan harus setiap hari. Katanya gini: ignoring resistance training = ignoring your health.

Dibuku tersebut bener-bener detil dijelasin kenapa angkanya harus 10 ribu, dan betapa jalan itu adalah cara yang paling paling simpel dan mudah untuk mencapai kesehatan maksimal.

3. Hindari 5 komposisi makanan ini!

Aku ga ngerti bahasa indonesianya apa, intinya adalah ini:

  • Saturated fats: dalam daging merah, kulit hewan seperti ayam, dan minyak kelapa sawit
  • Trans fat: chips, cracker, cookies
  • Simple sugar: soda, dessert, jus, dan makanan dalam kemasan
  • Simple carbohydrat: nasi putih, roti, tepung
  • Added syrups: makanan proses, dll

Cara mengantisipasinya: makan banyak buah dan sayur!

4. Stop addiction, form a habit!

Misalnya hobi merokok dan minum. Keduanya ga bagus buat kesehatan. Disitu dijelasin bahwa sebenarnya kita bisa memprogram otak agar supaya bisa membreak kebiasaan buruk kita. Salah satu caranya: menemukan pengganti kegiatan itu. Misalnya tiap mau merokok, ganti jadi jalan kaki.

5. Temukan solusi dari stress yang dialami

Jangan menghindar dan menjauh dari masalah hingga ia menumpuk. Tapi face it. Hadapi dan selesaikan, sehingga hidup bisa lebih sehat. Kenapa? Karena stress sangat mempengaruhi detak jantung, hormon, dan tekanan darah yang mana ketiganya berperan penting untuk kesehatan kita. Dibuku inipun dijelasin 5 cara untuk reliefe stress dan mengurangi rasa panik: dengan terapi bernafas.

Kita juga harus memahami gimana cara diri sendiri untuk mengurangi rasa stress untuk kasus yang sumber masalahnya ga bisa diselesaikan (misal ditinggal seseorang). Dengan meditasi, yoga, dll. Tapi itu semua bukan penyelesaian, hanya untuk membuat diri kita lebih tenang aja.

6. Better sex life

Harus dilakukan dengan orang yang memicu hormon oksitosin kita (dan tentunya harus halal yaa). Disitu dijelaskan bahwa semakin sering maka your life will be better. Tapi bagian ini aku risih jelasinnya karena masih lom nyampe. Intinya, bukan hanya sekedar ‘sex’ aja tapi hal ini juga dipicu dengan keseharian; bagaimana memaintain hubungan agar terus baik dan saling mengerti. Kalau ada pertengkaran harus segera diselesaikan dan jangan bertumpuk. Karena kalau kita merasa ilfeel, hormon oksitosin itu ga akan keluar, yang ada malah males.

7. Temukan passion dan purpose dalam hidup

Motivasi adalah hal yang membuat kita jadi semangat dan maju terus dalam hidup ini. Temukan alasan kenapa aku ada di dunia ini? Apa yang aku sukai? Hobi apa yang aku bisa lakukan meski ga dibayar? Karena itu akan membuat kita lebih senang dan tentunya ini akan membantu sesama. Gini, setelah kita selesai dengan diri sendiri, maka yang perlu dilakukan ialah berbagi dengan orang lain. Kalau belom punya passion, lakukanlah hal-hal yang belum pernah dilakukan dan temukan passion tersebut.

Ini beneran isi buku tersebut yang singkat banget. Kalalu baca bukunya, bakal banyak ‘oh oh oh’ dan pengetahuan yang bikin wawasan terasa jadi luas banget. Intinya sih memang buku ini tentang hidup sehat yang praktis karena langsung ke solusinya.

baca juga: Minimalism #3: You’re what you eat

 

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas