Day 9: Memutihkan Gigi dengan Bubuk Kunyit

Sejak akhir tahun kemarin, aku memutuskan untuk berhenti menggunakan obat kumur. Pertama, dipikir-pikir gak perlu karena kita sudah sikat gigi dua/tiga kali sehari. Kedua, ternyata ada cara lain yang lebih mudah, murah, alami, dan lebih bermanfaat untuk kesehatan gigi sekaligus memutihkan gigi, yakni dengan menggunakan bubuk turmeric alias bubuk kunyit! Ini juga dalam rangka mengaplikasikan minimalism dalam kesehatan dan keuangan hehehe.

baca juga: Minimalism #2: How you spend your money?

Aku masih agak takut dan belum ada keinginan juga sih untuk memutihkan gigi, tujuan awalku hanya untuk menjaga kesehatan gigi saja.Tapi kalau bisa menyelam sambil minum air, kenapa tidak?

Pertanyaannya adalah, kenapa harus pakai bubuk kunyit?

Aku melakukan googling sangat banyak kala itu mengenai penggunaan bubuk kunyit. Bukan hanya bisa dipakai untuk gigi, bisa juga dipakai sebagai masker wajah dengan ramuan yang disesuaikan dengan kebutuhan (misalnya dicampur aloe vera, kopi, rose water, atau madu). Adapun manfaat kunyit untuk gigi adalah ia dapat menghilangkan bakteri-bakteri dan plak. Ia dapat berfungsi sebagai obat kumur alami. Lumayan kaaan bisa penghematan dengan ga perlu beli obat kumur biasa.

Tapi penggunaan kunyit ini tidak perlu terlalu sering, maksimal sehari sekali.

memutihkan gigi dengan bubuk kunyit
bubuk kunyit dalam botol kecil

Lalu, bagaimana cara pemakaiannya?

Pertama, kalau saya, menaruh bubuk kunyit kedalam botol kecil sehingga mudah dibawa ke kamar mandi.

Kedua, ambil sedikit bubuk tersebut dan campur dengan sedikit air.

Kemudian, olesi sikat gigi kita dengan cairan bubuk kunyit tersebut.

Lakukan sikat gigi biasa 2 hingga 5 menit

Setelah itu, sikat gigi lagi dengan menggunakan pasta gigi biasa

Mudah sekali kan? Selain menjadi putih, gigipun akan lebih sehat dan kalau sedang sakit akan menurunkan rasa nyeri. Yang terpenting dari semua ini adalah istiqomah, sabar, dan jangan cepat puas untuk menggunakan sehari sekali. Nah selain itu, ternyata masih ada cara-cara lainnya dalam memnggunakan kunyit sebagai pemutih gigi, seperti yang dilansir di halaman ini.

Please follow and like us:
error0

Tinggalkan Balasan

Satu pemikiran di “Day 9: Memutihkan Gigi dengan Bubuk Kunyit”

Lewat ke baris perkakas