Day 4: Resep Memasak Sayur Asem

Kalau kita melihat sayur dan belum bisa memasaknya, kelihatannya seperti kompleks dan susah, padahal sebenarnya memasak sayur khususnya sayur asem itu mudah kok!

Yang pertama kali perlu disiapkan yaitu bahan-bahannya. Aku kalo boleh jujur nih ya, belinya langsungan se plastik yang ada stiker bertuliskan “sayur asem” jadi gak perlu cape-cape milih bahan-bahan yang terpisah. Belinya dimana? Di supermarket bisa, bahkan sekarang di tukang sayur yang lewatpun sering ada bungkusan paketan seperti ini. Adapun aku beli di mirota sebagai supermarket andalan se-yogyakarta.

  1. Cabe merah, bawang putih, bawang merah
  2. Asem
  3. Gula merah
  4. Waluh (bhs indonesianya tuh labu ya?)
  5. Jagung
  6. Daun melinjo
  7. Kacang
  8. Tomat
  9. Kacang panjang
memasak sayur asem
bahan-bahan untuk sayur asem

Baca juga: Day 1: Aktivitas Produktif Sambil Nunggu Buka Puasa

Bagaimana cara memasaknya?

  1. Pertama iris cabe dan bawang merah dan bawang putih
  2. Campur bawang, cabe, asem, dan gula merah. Ulek (apa ya bahasa bagusnya) sampai halus atau blender. Berhubung anak kosan nih ya, jadi aku potong-potong aja semua terus celup
  3. Siapkan panci untuk memasak, masukkan air
  4. Masukkan hasil blenderan/ulekan tadi kedalam air
  5. Masukkan jagung dan kacang
  6. 3 Menit kemudian, masukkan labu dan daun melinjo
  7. Selesai~
memasak sayur asem
setelah semua dimasukkan

Setelah itu, masukkan ke mangkok dan nikmati~

semoga cara memasak sayur asem ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Satu pemikiran di “Day 4: Resep Memasak Sayur Asem”

Lewat ke baris perkakas