Day 21: Tips Ramadhan Untuk Anak

Ada baiknya Ramadhan dan shaum sudah dikenalkan kepada anak sedari dini agar ia terus latihan dan ketika besar benar-benar siap dan maksimal dalam menjalankan Ramadhan. Shaum bagi anak-anak bukanlah hal yang mudah, karena perlu perjuangan melawan diri dan nafsu untuk menahan makan dan minum. Sederhananya begitu. Berikut adalah tips Ramadhan untuk anak agar dapat perlahan belajar shaum. Tips ramadhan untuk anak  ini aku simpulkan dari apa yang aku alami dan melihat proses belajar shaum dari adikku ( y iyalah anak sapa lagi)

baca juga: Day 20: Aplikasi Yang Tidak Dipakai Selama Ramadhan

Tips Belajar Shaum Ramadhan

  1. Ikutan sahur. Sekiranya usia masih terlalu dini untuk shaum, setidaknya ikutan bangun sahur akan mengenalkan apa itu puasa. Kalau aku lihat adikku, biasanya di awal-awal mereka malah hepi dan seneng ikutan sahur. Meskipun dipertengahan dan akhir akhir mulai agak sulit bangun dan butuh bujukan agar mereka ikutan lagi.
  2. Beri batasan waktu, perlahan. Misalnya, nanti gak boleh makan dan minum sampai jam 10 ya. Lalu lama-lama bertambah sampai azan Duhur, Ashar, lalu Maghrib. Memang tidak semudah ditulisnya, tapi setidaknya ada target sedikit-sedikit untuk menchallenge mereka menahan lapar dan haus.
  3. Puasa bedug. Melanjut poin nomor dua, sehabis mereka batal, jangan dibiarin batal sampe magrib. Puasa lagi agar bisa ikutan berbuka dan merasakan enaknya buka puasa ketika maghrib.
  4. Singkirkan makanan dan minuman. Ini ngaruh banget asli. Dulu sebelum adik bungsuku belajar puasa, ketika lagi gak sholat aku bisa bebas makan apa aja dimana aja. Tapi setelah dia belajar shaum, ibarat aku cuma minum seteguk air putih doang dia bisa kabita (kepengen). Sehingga kalo ada anak kecil dirumah dan kita lagi ga puasa, pura-puralah puasa huhuhu. Pernah juga lagi ngabuburit bentar lagi magrib, eh ada teteh-teteh minum chatime dipinggir jalan. Adikku pengenlah dan akhirnya dia berbuka.
  5. Apresiasi. Kurasa ini yang paling membuat aku dulu bersemangat untuk shaum. Misalnya di janjiin dapet THR, atau sesederhana berbuka dengan makanan dan minuman yang lagi kita inginkan.
  6. Penjelasan shaum. Kata aku sih, ini yang penting. Jelasin dengan jujur apa sih puasa itu, untuk apa, manfaatnya apa, dan seterusnya. Sehingga anak gak sekedar ngikutin perintah doang, tapi juga memahami maknanya.

Please follow and like us:
error0

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas