Day 10: Menghilangkan Bau Mulut dengan Scaling

Aku bukanlah orang kesehatan dan kurang paham mengenai permasalahan dalam gigi. Tapi aku sering menjadi korban (alias sering sakit gigi) sehingga lama-lama jadi agak paham bagaimana seharusnya aku memperlakukan gigiku agar tetap sehat dan berbahagia. Nah yang dibahas kali ini bukan mengenai masalah-masalah penyakit gigi, tapi mengenai: cara menghilangkan bau mulut dengan scaling

baca juga: Day 9: Memutihkan Gigi dengan Bubuk Kunyit

Salah satu penyebab dari bau mulut bukanlah puasa, karena kalau puasa nanti kelak di surga akan digantikan dengan wangi kasturi (cie….masya Allah subhanallah alhamdulillah). Nah yang aku maksudkan tadi, salah satu penyebab bau mulut adalah: adanya karang-karang pada gigi.

Cara mengidentifikasinya adalah lihat aja di kaca apakah gigimu ada yang warnanya beda dengan gigi aslinya?

mencegah bau mulut dengan scaling
tempat langgananku kalo berurusan sama gigi

Si karang-karang gigi ini timbul akibat adanya bakteri-bakteri. Sehingga bikin jadi bau mulut juga. Cara menghilangkan karang-karang gigi penyebab bau mulut tersebut adalah dengan rajin dan rutin scaling. Minimal banget selama setahun sekali. Lebih baik per-enam bulan sekali.

Selain ngebersihin karang, kita juga jadi tahu permasalahan gigi kita karena tiap enam bulan sekali bertemu dokter.

Nah, terakhir scaling aku lakukan sebelum bulan puasa di joy dental barek di utara UGM. Range harga scaling di klinik tersebutadalah 150 hingga 350 ribu. Biasanya kalau masalah gigi aku selalu suudzon bahwa aku pasti kena harga paling mahal. Tapi ajaib sekali, kali ini aku hanya dapet harga 180 ribu saja karena kata dokternya sih gak terlalu banyak karang giginya.

Sakit gak sih?

Nggak kok, paling hanya ngilu-ngilu dikit tapi masih bisa tertahankan kok. Kadang juga berdara-darah sedikit. Tetapi gak masalah. Abis beres scaling rasanya gigi jadi jarang-jarang gitu.

Pesan dokter gigi sebelum aku pulang adalah: hal terpenting untuk menjaga gigi adalah dengan sikat gigi malam sebelum tidur. Karena ketika tidur sepertinya si bakteri-bakteri akan beraksi di gigi kita dan dapat menimbulkan karang-karang atau bahkan bolong-bolong gigi.

Seperti itu salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mencegah bau mulut yang disebabkan oleh karang. Smoga bermanfaat.

 

Please follow and like us:
error0

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas