Cara Membuat NPWP Mudah Meski Domisili Tidak Sesuai KTP

NPWP online adalah kemudahan yang hakiki. Asal semua lengkap, beberapa hari kartu sudah ditangan. Namun ada prahara pelik bagi saya, yang sudah daftar 3x tapi selalu ditolak.

Karna apa? Karena alamat domisili tidak sesuai KTP. Kata orang, “udah samain aja!”. Ya kalau keluarga masih tinggal disitu sih gapapa. Tapi kalau rumahnya udah dijual? Repot guys. *nantinya aku tahu bahwa ini ga repot* mau ga mau aku harus bikin surat domisili. Tapi hari ini npwp udah ditangan tanpa pake surat itu;)

Akhirnya aku mencoba 2 opsi. Satu, minta diurusin surat domisili di rumah baru yang di Bandung. Dua, aku urus sendiri ke kelurahan di kosan dengan cara minta surat keterangan domisili. Tapi tidak disarankan kecuali kalau rt rw nya memang bersedia.

Opsi satu cukup repot, karena semua orang rumah pada full day diluar. Akhirnya aku menjalankan opsi dua yaitu membuat surat keterangan domisili di kosan.

Ternyata, RT RW disini ga mau bikinin surat domisili karena sering disalah gunakan. Juga katanya ada perintah dari disdukcapil untuk ga ngeluarin surat domisili. Hmmmm. Kok bisa ya terintegrasi dengan ga saling mendukung gini. Tapi positifnya, aku jadi tau gosip-gosip tetangga (abaikan)

Akhirnya aku mikir keras. Sementara deadline pengumpulan NPWP sudah mendekat. Akupun menelpon KPP di wilayah yang sesuai KTP yaitu di Bandung.

“Mbak, apa npwp bisa saya ambil sendiri ke kantor pajaknya? Soalnya saya diluar kota”

“Bisa, tapi isi onlinenya harus samakan alamat dengan alamat KTP. Mau ambil di KPP Serpong juga bisa, tapi sebulan lagi.”

Bagaikan air didaun talas, jawaban ini bikin aku bahagia ga usah pontang panting bikin surat dari bapak kosan dan seterusnya yang diminta pak rt.

……….ide cemerlang untuk nanya perihal alamat ini tumbuh di waktu yang mepet. Tau gitu dari kemarin nanya ke kantor pajaknya.

Intinya adalah apapun yang terjadi dengan domisili dan permasalahan alamat, tetaplah isi alamat domisili sesuai dengan alamat KTP. Setelah itu, telpon kantor pajak dan minta jangan dikirim. Atau:

1. Npwp bisa dicetak ketika nanti kamu sempet ke domisili (karena kalau hanya butuh nomornya, akan diberikan di email). Nyetak npwp cuman 1 menit kurang, hanya sebut nama dan ktp, kartu udah di tangan. Ntap kan.

2. Bisa diambil di tempatmu tinggal, tapi dalam waktu 30 hari.

3. Bisa diambil kerabat di domisili dengan adanya surat kuasa (w sempet bikin ginian, simple dan gampang kok)

Saran : telepon aja segala masalahmu ke KKP domisili, biasanya mereka welcome, tapo tergantung daerahnya juga sih ya.

Tinggalkan Balasan

8 pemikiran di “Cara Membuat NPWP Mudah Meski Domisili Tidak Sesuai KTP”

Lewat ke baris perkakas