Anak soleh #1

Sebenernya rada males gimana gak si ngebahas mengenai parenting atau pernikahan bagi orang yang masih single. Nanti disangka ngebet apa gimana. Padahal nggak bermaksud begitu, kalau ditanyai orang rumah atau orang lain masih males (bgt) kok jawabinnya.

Tapi ya realistis aja, kita gatau apa kedepannya, apakah kematian atau berumah tangga, dan persiapan keduanya tentu dibutuhkan. Awal tahun aku dinasehatin oleh bunda, (yaitu temen mama) bahwa harusnya kalau bisa sejak kuliah kita udah belajar jadi orang tua. Selain untuk nanti, kita juga skrg bisa menempatkan diri sebagai anak yang baik untuk orang tua kita.

Baik lanjut ke materi yang aku dapat, secara kelas online, tapi gak disebut sumbernya karena nanti disangka iklan wkwk

Sejak kapan mulai mendidik anak?

Kita tahu bersama dari sebuah hadist tersohor mengenai amal jariyah yang ada 3: sedekah, doa anak yang sholeh, dan ilmu yang bermanfaat. Ketiganya tidak akan putus meski manusia sudah wafat.

Dari situlah kita dapat memahami pentingnya punya anak sholeh (atau jadi anak sholeh bagi kedua orang tua kita) karena mereka adalah penerus amal kita, sebagaimana kita jadi penerus amal ortu kita juga.

Ada sebuah kisah ketika si anak sholeh disuruh masuk surga. Anak itu gak mau, karena ingin kedua orang tuanya juga masuk surga. Maka, akhirnya ayah ibunyapun ikut masuk surga. Sebegitu dahsyatnya bantuan anak sholeh kepada kedua orang tuanya.

Didalam Quran, terdapat 17 tempat yang membahas pendidikan anak. Satu mengenai anak dan ibunya. Satu mengenai anak dan kedua orang tuanya. Dan sisanya, 15 mengenai ayah dan anaknya. Sehingga ternyata meski ibu adalah madrasah pertama, ayah juga berperan penting dalam pendidikan anak.

Ada sebuah kisah di jaman Umar bin Khattab yang mana seorang ayah mendatanginya dan mengeluhkan anaknya yang durhaka. Si anak itu dipanggil, dan ditanya kenapa. Anak itu menjawab: seorang ayah punya hak yang harus ditunaikan anaknya, dan seorang anak punya hak yang harus ditunaikan ayahnya, benar?

Umar mengangguk. Anak itu bertanya, apa hak saya yang harus ditunaikan ayah saya?

Umar menjawab: kewajiban ayah pada anaknya adalah memilih ibu yang baik, memberi nama yang baik buat si anak, dan mengajarkan Al-Quran.

Anak itu lalu berkata, saya dibilang durhaka begini karena ayah saya tidak melaksanakan ketiga hak tersebut.

Jadi mendidik anak dimulai dari sejak ada pikiran terlintas untuk berumah tangga dan mencari ‘ibu’. Kalau kita perempuan, maka jadilah ibu yang pantas dengan terus improve diri.

 

4/12/18 22.32 hujan di jogja.

Please follow and like us:
error0

Tinggalkan Balasan

Satu pemikiran di “Anak soleh #1”

Lewat ke baris perkakas