Day 1: Aktivitas Produktif Sambil Nunggu Buka Puasa

Sesungguhnya ketika kita sedang berpuasa dan tidak ada kerjaan, rasanya seperti mati gaya. Mau jalan-jalan, malah mager karena takut capek. Mau makan, kan gak boleh. Apalagi biasanya di bulan Ramadhan jam kerja berubah, kita menjadi pulang lebih cepat dan banyak waktu kosong untuk menunggu berbuka. Nah, sebetulnya, banyak aktivitas-aktivitas seru yang bisa dilakukan sambil menunggu berbuka puasa (selain nonton dan bermalasan hehe). Khususnya buat anak kosan yang tinggal sendirian seperti yang nulis ini…

  1. Ngabuburit

Yap, selama Ramadhan khususnya di sore hari, para penjual bertumpah ruah di berbagai sudut kota. Kita bisa jalan-jalan sambil mencari makanan untuk berbuka, berbelanja, atau hanya sekadar window shopping saja.

Nah, tapi jika kamu merasa malas keluar, masih banyak kok kegiatan lainnya yang bisa dilakukan dirumah seperti di bawah ini.

  1. Tadarrus dan hafalan Qur’an

Jika seharian kita belum sempat karena kerjaan atau perkuliahan, maka disore hari ini adalah waktu yang tepat untuk mengaji ataupun menghafal Qur’an. Karena sungguh sayang sekali kalau kita melewatkan Ramadhan tanpa mencicipi berbagai bonusnya. Kemarin aku mendengar sebuah pertanyaan di Masjid Nurul Ashri Yogyakarta, “Apakah sebaiknya ketika Ramadhan kita mengaji sambil membaca arti atau arabnya saja dan mengejar target?” Jawaban ustadznya adalah: “Bulan ini kejar jumlahnya, baca arabnya saja sebanyak-banyaknya” Begitu…

Sumber: harakahislamiyah
  1. Membaca kisah Rasul dan Sahabat

Kalau kita mendalami dan menghilangkan rasa malas, maka ketika kita membaca kisah Rasul dan sahabat, lalu diserap kedalam hati, sesungguhnya kisahnya sangat seru! Selama ini kita terlena dengan fiksi-fiksi yang disajikan disekitar kita. Padahal banyak kok kisah nyata yang jauh lebih seru, dan lebih bermanfaat untuk kita sendiri. Seperti kisah-kisah nabi dan Rasul. Ingat pepatah tak kenal maka tak sayang? Artinya kalau kita bilang cinta Rasul tapi gak tau kisah hidupnya, bohong besar dong hehe…kenal aja nggak gimana mau sayang?

Number: ppmimadinah
  1. Merapikan Kamar/Rumah

Seperti yang dikatakan metode KonMari: Buang hal-hal yang tidak penting. Lalu kategorikan benda-benda dan simpan dalam satu tempat. Merapikan kamar dan rumah juga sekaligus mencicil agak ketika lebaran kita tidak pusing-pusing menatanya kembali.

  1. Membuat DIY (Do It Yourself)

Jaman sekarang, jika ingin membuat sesuatu, semuanya serba mudah karena bisa menonton tutorial di Youtube. Banyak sekali contoh DIY, tergantung apa yang kita butuhkan dan kita sukai. Biasanya aku senang dengan kerajinan tangan, semacam embroidery, membuat bunga flanel, dan merajut. Tapi aku sedang penasaran ingin membuat lilin home made dan sabun home made. Sepertinya boleh dicoba untuk Ramadhan ini

Koleksi pribadi
  1. Bercocok tanam

Tidak perlu susah-susah, cukup setiap makan buah kumpulkan bijinya. Setelah itu, ketika ada waktu luang baru tanam biji-biji tersebut di halaman rumah kita. Kelihatannya seperti iseng, tapi kita akan takjub sendiri beberapa minggu kemudian ketika tunas-tunas mulai tumbuh..

Taneman cengek (cabe rawit) yang tahun lalu bijinya iseng kusebar di depan rumah

Banyak sekali hal-hal yang bisa dilakukan selain ngabuburit dikala sore. Semoga postingan ini dapat menginspirasi dan menjadikan Ramadhan kita produktif!

Please follow and like us:
error0

Tinggalkan Balasan

3 pemikiran di “Day 1: Aktivitas Produktif Sambil Nunggu Buka Puasa”

Lewat ke baris perkakas