A. S. N.

Setelah sekian lama bekerja tanpa nyawa (semangat, red.), hari ini aku mendapat secercah spirit dari kelas latsar yang berjudul; Akuntabilitas. 

Sebagai freshgrad yang masih idealis, memasuki lingkup asn rasanya seperti semua berjalan lambat dan tentu tidak seefisien pekerjaan di kampus. Aku si manusia yang mudah dipengaruhi, yaa jadi gak bersemangat juga dan merasa malah banyak wasting time dikantor tapi jatohnya jadi bosen. Harusnya aku belajar pemodelan dan analisis data dan berbagai ketertinggalanku lainnya. 

Sebagai aparatur sipil negara atau dulu disebut PNS, tentunya kita ini dibiayai negara untuk ‘mengabdi’ pada negara. Kalau mau dipikir, berat juga ya pertanggung jawabannya. Semua waktu dan fasilitas negara yang aku pakai, haruslah sesuai dengan tujuannya; bukan untuk nyari tiket pribadi atau hal lainnya 🙁 karena nanti di alam selanjutnya akan ditanyakan detil apa yang telah aku perbuat dan aku lakukan–tentunya.

Memang, rasanya jadi ingin berwirausaha aja agar kegiatan kita gak terlalu beban kalau salah. Sementara kalau jadi asn; maka masyarakat harus dilayani sesuai tupoksi masing-masing dan berabe kalau salah, karena pake duit semua manusia indonesia.

Yaaa semua ada konsekwensinya. Semoga aku selalu ingat, mana fasilitas dan waktu milik negara; yang harus aku manfaatkan dengan maksimal :(( susah loh kalau udah praktek. Ibarat masuk kantor, pengen ngeteh bentar, ada yang ajak ngobrol, bablas sampe jam 9, dst dst dst…

Bismillah

Tinggalkan Balasan

5 pemikiran di “A. S. N.”

Lewat ke baris perkakas