After effect dari taylor swift sebenernya kurang bagus buat kejiwaan karena kebanyakan isinya needy, dan juga hubungan-hubungan yang hanya dilihat dari satu sisi. Nggak salah sih dan ga peduli juga sama urusan relationship dia dengan semua exes nya atau how ‘cheezy’ si lagu-lagunya (plis lah gosip 2012 banget) (tapi org yg cuma tau love songs/yg hitnya nya doang ya pasti ini sih perspektifnya).

Perihal orang pada debat, ‘gimana kalo dari semua cerita dia sebenernya taylor swiftnya yang salah’ ya btul emang bisa banget, namanya juga manusia yang dalam suatu hubungan maka pasti salahnya juga dua sisi (mau seimbang atau gak). Hanya karena dia yg bikin lagunya bukan berarti dia yang selalu bener, lagian saat itu dia masih muda juga. Tapi lagu-lagu tuh bukan buat pembenaran siapa benar dan salah, ya sesimpel tinggal nikmati aja dan ga perlu julid, kalo ga selera ya tinggal ganti yang lain.

Oke, maksudnya bukan itu sih, tapi menurutku album yang vibe nya bagus dan membuat kita jadi self-healing ialah solar power. Disitu lagunya terbalik sama red/speak now yang isinya needy (ya namanya juga love songs), karena kalo denger solar power (walau gambarnya rada porno) hawanya seperti si lorde ini orang yang independent woman banget, ngga butuh apapun, dia udah cukup dan content dengan dirinya sendiri.

Disitu hubungan dia dengan ‘a man’ cuma dijadiin latar dan bukan sebagai topik utama sebagaimana lagu lain pada umumnya. Malah dalam ‘The Path’ juga dia menjelaskan kalau dia mengerti bahwa harusnya hubungan dengan orang itu bukan “i’ll fix you” dan bergelut dengan demon mereka, tapi justru tetep independen dan ngga saling menggantungkan kebahagiaan ke yang lain. Ini berlaku untuk semua hal juga, disaat orang bisa mengharapkan dan menjadikan dia ‘savior’ dengan the path ini dia ingin melepas semua ekspektasi orang dan bilang, ‘savior is not me‘. It’s gonna be my life-time mantra karena kita ga bisa nolong semua orang dan ga bisa terus menerus memenuhi kebahagiaan orang 🙂

Selain itu, dalam hal lainnya, dia bilang juga bahwa dia udah jengah dengan gemerlap dunia yang sebelumnya dia geluti dalam ‘California’ dan juga dia ga butuh tempat lain untuk healing. Oyak dan healing ini yang diartikan sekarang oleh banyak orang juga dia sindir dalam mood-ring, karena notabene hari ini orang kalo healing selalu butuh tempat lain/orang lain/metode-metode tertentu.

Paling suka lagi saat dia bilang ‘i’m kinda like a prettier jesus‘ kaya satire bahwa kebanyakan orang pengen jadi cantik seperti influencer/orang terkenal sementara dia sendiri ga ngerasa pengen ngikutin ‘cantik’ kaya  siapa-siapa selain Jesus. Disini, setelah dia detach dari segala hal, tapi ternyata tetep ngikutin jesus?

Suka juga saat dia bilang ‘I throw my cellular devices in the water. Can you reach me? No, you cant!” Dan memang dia selama ini off dari sosmed (muncul saat rilis solar power aja) dan udah lama ga muncul-muncul. Wow love her energy.