Pesiapan Latsar / Prajab 2018 CPNS BPPT

Draft bulan kemarin

Setelah nulis tips cpns bppt dan orientasinya, aku mau nulis tentang prajab yang sekarang namanya jadi latsar (latihan dasar). Secara pengalaman pribadi ku pernah menuliskan disini. Adapun ini secara teknisnya.

Persiapan

Persiapan ini dadakan karena surat baru keluar H-seminggu apa dua minggu gitu yaa lupa. Yang jelas persiapkanlah keuangan anda. Ini hal hal paling penting yang mesti dibawa:

  1. Pas foto pakai kemeja putih kerudung hitam dan pakai pin korpri. Latar belakang merah
  2. Surat bebas narkoba.
  3. Surat sehat (standar tanpa thorax dan lain2). Dulu surat ini didapat di klinik kantor yaitu gedung managemen puspiptek. Kalo ga salah sih gratis (apa murah banget ya)
  4. Daftar online di webnya PPMKP
  5. Fotokopi SK CPNS
  6. Visi misi tugas peran unit dan kantor masing masing (nyontek web saja)
  7. Print SKP

Peralatan pribadi yang dibawa:

Sesungguhnya ini tergantung masing orang, tapi ini yang aku bawa barangkali butuh referensi. No 1-8 adalah akan kamu pake selalu. No 9 keatas bersifat sekunder tapi penting.

  1. Kemeja putih polos 5 buah (padahal 4/3 juga cukup kok, ada banyak waktu untuk cuci baju dan kalo males ada laundry). Dan harus literally polos tanpa model atau gambar.
  2. Rok hitam polos 3 buah dan dasi hitam
  3. Kerudung hitam polos 3 buah
  4. Sepatu pantofel hitam
  5. Sepatu olah raga
  6. Sendal (tapi ternyata dikasih juga dari PPMKP)
  7. Kaos buat kegiatan pagi 3 buah
  8. Celana training 2 buah
  9. Setrikaan. Ini penting, ga akan diperiksa dan boleh di bawa kok.
  10. Water heater. Ini gak penting dan ga perlu. Aku bawa karena denger kata senior yang katanya ga dapet air panas. Padahal, di tiap tempat ada dispenser yang selalu di refil kalo kosong.
  11. Hanger baju
  12. Baju buat tidur 3 pasang
  13. Baju buat jalan-jalan 2 pasang
  14. Kerudung instan 1
  15. Kerudung berwarna netral (biru dongker, abu, brokenwhite)
  16. Goodybag buat pergi-pergian
  17. Alat mandi
  18. Berbagai skin care dan make up
  19. Tumbler
  20. Gelas
  21. Jaket 2 buah karena katanya dingin
  22. Mukena
  23. Laptop dan seperangkatnya
  24. Sabun cuci baju
  25. Alat tulis (tapi nanti dikasih buku tulis dan pulpen)
  26. ……. seingat aku gitu dulu, nanti di update lagi

Peralatan tertier, yang kalo bisa kembali aku akan bawa:
1. Buku bacaan. karena banyak waktu kosong
2. Sepatu flat shoes buat jalan

Sejak pertama datang sudah diingatkan kalau mereka menerapkan “pendidikan orang dewasa” jadi udah ga mungkin banget ada agitasi macem di kampus dengan tingkat toleransi rendah. Disini kalau komunikasi dengan panitia lancar insya allah gapapa meski tetep ada aturan juga. Yang strik disini adalah mengenai seragam, apel, dan ketepatan waktu. Sisanya, seperti alat-alat yang dibawa ga akan diperiksa seperti tahun-tahun sebelumnya.

03.19, menunggu subuh

Please follow and like us:
error0

Hell

“Rasulullah bilang,  ”apabila engkau telah menunaikan sholat shubuh, maka ucapkanlah sebelum engkau berbicara dengan orang lain: Allahumma ajirnii minannar, tujuh kali, maka sesungguhnya jika engkau mati pada hari itu Allah menetapkan untukmu perlindungan dari api neraka, dan apabila engkau telah menunaikan sholat maghrib, maka ucapkanlah sebelum engkau berbicara dengan orang lain: Allahumma ajirnii minannar,sebanyak tujuh kali. Sesungguhnya jika engkau mati pada malam itu, Allah menetapkan untukmu perlindungan dari api neraka. (Hadist Hasan; dari Al Harits At-taimi diriwayatkan oleh Imam Suyuthi dalam kita Al-Jaami’usshoghir; 728)

Allahumma ajirni minannar, yang artinya Wahai Allah lindungi aku dari api neraka. Tapi saya lebih seneng pakai “naa”, “ajirnaa”dhamir nahnu, artinya jadi Wahai Allah lindungi kami dari api neraka sambil kita bayangkan keluarga kita semuanya, keluarga muslimin muslimat seluruh indonesia, seluruh dunia.”

dari Ladies Day Haneen Akira (via Youtube). Nitip.

Kita selalu pantas memasuki neraka atas segala yang kita lakukan, tapi Allah Maha Penyayang dan hanya dengan RahmatNya, Allah akan melindungi kita dari siksa neraka. Aamiin

Please follow and like us:
error0

Sarapan Sehat Murah dan Malas untuk Anak Kosan

Terinspirasi dari bu Linda sebulan atau dua bulan lalu yang bawa salad buat orang sekantor, aku jadi kepikiran untuk menjadikan salad sarapan pagi di kosan.

Caranya mudah, kalo super males bisa pake magicom doang.

Bahan bahan:

1. Wortel, buncis, mentimun, jagung, yaaa apa aja dah terserah kamu

2. Buah buahan biar agak seger, kalau aku biasanya anggur

3. Mayonaisse

4. Keju (boleh iya boleh engga)

Lalu semuanya kecuali timun dan buah, direbus.

Udah deh 🙂 🙂 🙂 males banget kan.

Setelah direbus tinggal tambah mayonaisse dan keju lalu diaduk.

Oh iya kalo aku di tambah kentang biar ada karbohidrat.

Maap kameranya dari hp dan memang sudah uzur.

09.50, mau belanja buat survey hidros

Please follow and like us:
error0

The Antidote of Depression

Dapat dari youtube, diisi oleh Hamzah Yusuf kalau ga salah.

Surat yang paling bikin baper adalah Ad-Duha. Surat ini turun ketika nabi tidak menerima wahyu selama 6 bulan. Beliau bertanya-tanya dalam kegalauan: apakah Allah meninggalkan aku? 

Akhirnya turunlah Ad-Duha. Dari ayat pertama hingga akhir, bener-bener Subhanallah terutama untuk orang-orang yang lagi dirundung masalah dan merasa jauuh dari Allah. Dari surat ini kita tau betapa baiknya Allah meski rasanya kita sangat pinerakaeun kalo kata orang sunda.

  1. Demi waktu dhuha (ketika matahari naik sepenggalan)

Ini hiburan dari Allah, seolah menyuruh kita “lihat lah matahari terbit”. Semangatnya. Cahayanya. Akan selalu ada hari indah didepan kita. (gimana si ya jelasinnya, yaa bayangin aja kita lagi sedih, diajak liat sunrise. Oleh Yang menggerakan dan menciptakannya :”)

2.   dan demi malam apabila telah sunyi.

Menunjukkan bahwa orang yang sedang banyak pikiran dan masalah akan memiliki sleep pattern yang tidak baik.

3. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad), dan tidak (pula) membencimu,

:””””””””””””””

4. dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang permulaan

Allah menyuruh kita untuk sabar, karena tenang saja, pasti ada akhir yang membahagiakan. Kalau kita di dunia susah, akhirat akan mengimbangi dengan segala kebaikannya.

5. Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu sehingga engkau menjadi puas.

Allah tidak akan meninggalkan kita, bahkan akan memberi kita karunia, rezeki, dan takdir hingga kita tidak akan bersedih lagi.

6. Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu).
7. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk.
8. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan.

Coba kita throwback ke kehidupan kita dahulu. Banyak sekali pertolongan Allah yang datang. Segala apa capaian kita hari ini, kalau mau sangat jujur, bukankah kita tidak pernah pantas? Bukankah semuanya benar-benar murni karena Allah yang berkehendak? Syukur adalah kunci. Bagi orang yang sedang sedih, lihat apa yang ada disekliling kita. banyak hal seharusnya disyukuri daripada disesali.

9. Maka terhadap anak yatim, janganlah engkau berlaku sewenang-wenang.
10. Dan terhadap orang yang meminta-minta, janganlah engkau menghardik(nya).

Salah satu cara lagi agar seseorang tidak depresi adalah dengan membuka mata. Orang sedih adalah selfish karena fokus pada dirinya sendiri. Coba lihat sekeliling. Masih banyak orang yang tidak beruntung.

11. Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).

Kalau diresapi dalam-dalam, satu-satu dan perlahan-lahan, surat Ad-Duha ini memang paling mengharukan. Allah dengan segala Rahman dan Rahimnya. Dan kita manusia dengan segala kesalahan dan dosanya–namun tetap Allah sayang. :”(

Please follow and like us:
error0